Beranda | Artikel
Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi
Sabtu, 14 Agustus 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 30 Syawal 1442 H / 11 Juni 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Al-Baghawi

Kajian Tentang Biografi Imam Abu Bakar At-Turtushi

Di antara para ulama yang wafat di masa kekuasaan Al-Mustarsyid Billah adalah Imam Abu Bakar At-Turtushi dari salah seorang ulama Malikiyah. Turtushi adalah salah satu daerah di Andalusia atau Spanyol.

Beliau ini cukup fenomenal dari kalangan ulama Malikiyah yang juga konsisten dalam menegakkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sehingga beliau memiliki karya yang fenomenal. Judulnya adalah Al Hawadits wal Bida‘ (الحوادث والبدع). Di dalam kitab tersebut beliau menjelaskan berbagai penyimpangan-penyimpangan dalam praktek ibadah yang dilakukan oleh kaum muslimin yang beliau saksikan.

Kitab ini cukup penting untuk dibaca oleh penuntut ilmu ataupun dibacakan kepada masyarakat agar opini yang dibangun oleh sebagian orang ketika ada nasehat tentang hal-hal yang menyimpang dari sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, mereka selalu mengatakan ini adalah pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah atau Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.

Kita ingin buktikan bahwa kita tidak hanya mengambil pendapat ulama-ulama setelah Ibnu Taimiyah, tapi bahkan Ibnu Taimiyah sendiri mengambil ilmu itu dari ulama-ulama sebelumnya.

Dari kitab-kitab para ulama terdahulu kita akan mengetahui apakah ustadz-ustadz yang menjelaskan kepada umat tentang bahaya bid’ah terhadap amalan mereka itu mengada-ada atau memang mereka adalah orang yang betul-betul mengambil faedah dari penjelasan para ulama sebelumnya Ibnu Taimiyah.

Sehingga kita akan tahu bahwa apa yang dijelaskan selama ini bukan keluar dari kepala dan hasil penelitian sendiri, tapi itu diambil dari sumber-sumber kitab ulama yang para ulama tersebut menjelaskan dalil-dalilnya kepada umat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50531-biografi-imam-abu-bakar-at-turtushi/